Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Juga Manfaat Daun Sukun Sebagai Obat Kesehatan

Selamat datang di blog ManfaatBuahDaun, saya akan membahas tentang Manfaat Daun Sukun, Sukun merupakan nama dari sebuah pohon yang berbuah, unik nya buah sukun tidak memiliki biji dan bagian dari buah sukun empuk dan setelah dimasak atau digoreng akan mirip dengan roti, oleh karena itu lah orang-orang bule memanggilnya dengan nama Breadfruit (buah roti). 

Khasiat-Juga-Manfaat-Daun-Sukun-Sebagai-Obat-Kesehatan


Sesungguhnya sukun merupakan kultivar yang terseleksi sehingga tidak memiliki biji. Kata sukun diambil dari bahasa jawa yang artinya tanpa biji, sukun menjadi sumber karbohidrat penting di daerah pasifik, dan dikenal dengan berbagai macam nama, seperti uru, kuru, ulu, dan nama ilmiah nya adalah artocarpus altilis.

Kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat daun sukun, padahal memiliki khasiat yang lumayan besar untuk kesehatan tubuh, baru-baru ini penelitian mengungkapkan bahwa daun nya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, asam urat, dan gagal ginjal. Daun sukun mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh seperti artoindosionin, tannin, quercetin, polifenol, dan asam hidrosionat.

Inilah beberapa manfaat daun sukun :


Mencegah peradangan dan inflamasi, daun ini dapat digunakan untuk mencegah peradangan dan inflamasi, caranya ambillah satu lembar daun yang tua, dan di cuci hingga bersih, khasiat daun sukun setelah itu daun tersebut di rebus bersama dengan 5 gelas air sampai mendidih dan sisa kira-kira setengah, kemudian tambahkan air lagi secukupnya, saring air rebusan yang telah di campur tersebut dan di minum secara teratur.

manfaat daun sukun

Menurunkan kolesterol tinggi, selain manfaat daun salam, daun ini juga bisa, ambillah segenggam daun sukun yang telah di keringkan dan bangle yang diseduh menggunakan air panas, lakukanlah hal ini seperti anda sedang membuat teh, dan minumlah hasilnya setiap hari.

Manfaat daun sukun untuk mengobati sakit jantung, setelah Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lain melakukan uji khasiat pada daun ini, ternyata ditemukan bahwa ekstrak dari daun ini mengandung sitosterol dan flavonoid yang kegunaannya untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung, sehingga daun ini dapat mengobati jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan bisa menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta.

khasiat daun sukun

Mengobati asam urat, daun sukun bisa mengobati asam urat dengan cara ambillah segenggam daun sukun yang telah kering lalu di seduhkan dengan air mendidih ditambah dengan gula batu ataupun madu agar tidak terlalu pahit.