Inilah Khasiat Serta Manfaat Daun Pepaya yang Pahit Namun Sehat

Pepaya adalah buah yang sudah lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buahnya yang merah dan manis adalah daya tariknya. Beda dengan daun pepaya yang pahit namun ternyata dengan manfaat yang beragam. Tentu kita tidak akan lupa betapa pahit daun pepaya yang kita konsumsi. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi buahnya saja. Padahal, buah yang bernama latin Carica Pepaya ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat ini bisa ada karena banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki pepaya. Beberapa senyawa itu adalah: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, lemak, fosfor, hidrat arang, protein, dan air. Beragam senyawa ini menyebabkan pepaya bisa menyembuhkan banyak penyakit dan juga memiliki manfaat yang tidak tanggung-tanggung. Mari kita simak beberapa manfaat daun pepaya ini:
manfaat daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya Untuk Masakan

Daun pepaya merupakan daun-daunan yang sering dijadikan sayur, tumisan, dan juga lalapan. Rasa pahit tidak menghalangi kebanyakan orang mengonsumsinya. Cara pengolahannya adalah dengan merebus daun pepaya dengan garam. Lalu, setelahnya dicuci bersih lalu direbus lagi untuk dimasak. Atau dapat juga dengan cara mencampurkan daun pepaya dengan daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit sebelum dimasak. Hanya untuk masakan daun pepaya itu sendiri? Tentu saja tidak. Daun pepaya juga mampu menjadikan masakan jenis daging lebih empuk lho. Caranya adalah dengan mengiris daun pepaya dan dicampurkan dengan daging yang hendak dilembutkan dengan jumlah yang sedang agar tidak mengubah rasa daging menjadi pahit. Lalu, masak keduanya bersamaan. Niscaya daging akan lembut dan siap diolah menjadi apapun. Baca juga Manfaat Daun Sirih.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan sudah dapat dilihat dari banyaknya jenis kosmetik dan perawatan kulit yang menggunakan pepaya dan lebih khusus lagi daun pepaya untuk bahan dasarnya. Penggunaan daun pepaya dengan mudah adalah dengan menggunakan air rebusan atau melumatkannya. Berikut beberapa di antara manfaat daun pepaya untuk kecantikan:
  1. Membersihkan kulit
    Kulit yang bersih, segar, dan cerah tentu idaman setiap orang khususnya kaum Hawa. Penggunaannya ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa karpain. Senyawa ini ampuh membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan di kulit. Alhasil, kulit yang kotor akibat noda, jerawat, dan bintik-bintik akan bersih seketika.
    khasiat daun pepaya
  2. Mengurangi ketombe
    Ketombe yang turun laksana salju local di baju membuat kita tidak percaya diri. Tentu saja ini mengesalkan sekali. Penggunaan daun pepaya dapat digunakan. Ini karena lagi-lagi senyawa karpain yang sanggup menghancurkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit kepala sehingga ketombe pergi dan tidak kembali lagi.
  3. Menjadi kondisioner
    Daun pepaya dapat menjadi kondisioner yang bagus untuk rambut. Ini menyebabkan rambut menjadi lebih lembut. Apalagi jika ditambah banyak campuran lainnya.
  4. Melembutkan wajah
    Wajah yang kering dan kasar bisa dilembutkan dengan sentuhan daun pepaya.

Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Beralih ke hal yang lebih serius adalah manfaat daun pepaya untuk kesehatan kita. Daun pepaya memiliki beragam kegunaan alias manfaat untuk proses penyembuhan atau pencegahan bergaam penyakit. Beberapa di antara yang dapat disebutkan adalah: penyakit demam berdarah, sakit perut bagi balita, kanker, pencernaan, nyeri haid, malaria, pencegah katarak, pembesaran prostat, emfisema, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  1. Manfaat daun pepaya untuk penyakit demam berdarah
    Penyakit demam berdarah terbilang sangat mengerikan dengan kemampuan membunuh yang ajaib. Ternyata, ini dapat ditangkis dengan keperkasaan si daun pepaya. Daun pepaya yang dikonsumsi dengan bentuk air rebusan dapat meingkatkan trombosit pada penderita demam berdarah. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan air 3 gelas dengan daun pepaya sebanyak 3 lembar. Lalu, rebus daun pepaya hingga air rebusan tersisa hanya 1 gelas saja. Sisanya, tinggal minum saja air rebusan secara berkala.
  2. Manfaat daun pepaya untuk emsifema
    Penyakit emsifema berhubungan dengan paru-paru yang sangat urgent untuk keberlangsungan hidup manusia. Daun pepaya dapat membantu masalah emsifema ini dengan adanya kandungan vitamin D yang mampu menghancurkan biang dari penyakit satu ini.
  3. Khasiat daun pepaya untuk kanker
    Kanker adalah penyakit yang ditakuti orang-orang (masyarakat) dunia hari ini termasuk di Indonesia. Ternyata, kanker dapat dibantu penyembuhannya dengan daun pepaya. Air rebusan daun pepaya mampu membantu penyembuhan kanker. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa anti kanker yang kuat. Lakukan peminuman air rebusan dengan teratur, niscaya penyakit kanker akan tergerus.
  4. Manfaat daun pepaya untuk nyeri haid
    Haid merupakan bagian menyiksa menjadi seorang perempuan. Sebagian perempuan memiliki siklus haid yang bahkan sanggup menjadikan mereka tersakit-sakit di tempat tidur. Salah satu cara ampuh mengurangi nyeri haid yang menyiksa ini adalah dengan menggunakan air daun pepaya. Gunakan 1 lembar daun pepaya yang kemudian direbus dengan segelas air yang dicampur pula di dalamya asam jawa dan garam. Selanjutnya, minum selagi hangat, maka rasa nyeri haid nantinya akan berkurang.
  5. Khasiat daun pepaya untuk sakit perut balita
    Balita sangat rentan dengan penyakit apalagi di masa balita adalah masa keemasan seorang anak. Tentunya kita tidak ingin anak-anak kita yang berusia balita mengalami sakit perut, bukan? Jika iya dan itu sedang terjadi pada balita kita, kita tidak perlu panik. Ambil segera daun pepaya sebanyak 2 lembar, 3 daun dadap serep, dan kapur sirih. Tumbuk hingga halus ketiganya. Lalu, oleskan hasil tumbukan pada perut balita.
Sekian beberapa Khasiat dan Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat :)

0 Response to "Inilah Khasiat Serta Manfaat Daun Pepaya yang Pahit Namun Sehat"

Post a Comment